Ratusan Pelajar Ikuti Kejuaraan Pencak Silat

SIDOMUKTI – Ratusan pelajar dari berbagai kota di Jateng mengikuti kejuaraan pencak silat antar pelajar yang diselenggarakan Pengcab Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Salatiga di GOR Kridanggo, baru-baru ini.

Para peserta datang atas nama Pengcab IPSI ataupun perguruan dengan mempertandingkan nomor tanding baik putra maupun putri.

Ketua IPSI Salatiga Edy Pramono mengatakan, tujuan digelarnya turnamen ini diantaranya untuk merangsang pembinaan pencak silat di Salatiga.

Sejauh ini pemasyarakatan olahraga ini sudah masuk ke sekolah-sekolah sehingga perlu dirangsang dengan kejuaraan pelajar.

“Dari kejuaraan ini tentunya kami ingin mencari bibit yang akan disiapkan masuk pemusatan latihan daerah (Pelatda). Para atlet ini nanti juga disiapkan untuk berbagai kejuaraan baik itu kejurda maupun Porprov 2018,” kata Edy .

Menurut Edy, selain mencari bibit pencak silat, kejuaraan juga untuk melestarikan olahraga asli Indonesia ini. Dengan begitu, diharapkan olahraga beladiri ini semakin dicintai masyarakat dan tidak punah tergerus zaman.

Terlebih pencak silat juga dipertandingkan di berbagai kejuaraan baik Popda, Porprov, PON hingga Sea Games dan Asia Games.

Dikatakan, selain menggelar kejuaraan level Jateng, Pengcab IPSI Salatiga juga menggelar kejuaraan antar padepokan se-Salatiga dalam setiap tahun.

Dengan begitu, lanjut dia, gairah pembinaan di tingkat padepokan juga ikut bergeliat yang muaranya pada prestasi. Sebab, pembinaan tanpa diselingi kejuaraan rutin tentu akan membuat atlet menjadi jenuh.

“Kami optimistis setelah kepengurusan IPSI Salatiga terbentuk lagi pada 2013, semua insan pencak silat di kota bisa bersatu. Di Salatiga ini terdapat tujuh padepokan yang aktif membina pencak silat. Semuanya kami rangkul untuk bersama-sama membangun prestasi pencak silat,” tandasnya.

Sumber: SUARA MERDEKA (Rabu, 14 Januari 2016)

DA