Porprov Pertandingkan 45 Cabang

SOLO – Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2018 di Kota Solo akan mempertandingkan 45 cabang olahraga tanpa ekshibisi.

Dari jumlah cabang olahraga sebanyak itu, beberapa di antaranya merupakan cabang baru seperti bola tangan dan muathai. Ketua Umum KONI Kota Solo Gatot Sugihartono mengatakan, ada beberapa persyaratan tentang cabang yang bisa digelar pada pekan olahraga tersebut. Yakni untuk satu cabang olahraga minimal diikuti 10 daerah, sementara satu nomor pertandingan minimal lima daerah.

”Untuk tahun 2018 nanti ada sebanyak 45 cabang yang dipertandingkan. Beberapa di antaranya merupakan cabang baru yang sudah memenuhi persyaratan,” ujarnya. Meski ada yang baru, ada pula cabang yang justru tidak bisa dipertandingkan kembali dalam Poprov 2018 nanti.

Hal itu lantaran cabang itu tidak memenuhi kuota persyaratan minimal jumlah peserta. ”Yang tidak bisa dipertandingkan itu misalnya seperti Kriket. Sebab, cabang itu hanya diikuti oleh dua daerah saja yakni Kota Solo dan Kota Semarang,” terangnya.

Tujuh Hari

Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah tentang penunjukan Kota Solo sebagai tuan rumah Porprov 2018 juga sudah turun. Pekan olahraga itu akan diselenggarakan selama tujuh hari pada Oktober 2018. ”Untuk tanggal pastinya kami memang belum bisa menyampaikan secara detil.

Namun yang sudah pasti akan diselenggarakan selama tujuh hari dengan satu hari pertama untuk penyelenggaraan pembukaan,” kata dia. Dalam kesempatan yang sama juga dijelaskan tentang besaran akomodasi yang sudah ditentukan dalam penyelenggaraan Porprov 2018, yakni Rp 175 per hari dan per orang dengan separuhnya ditanggung masing-masing daerah.

”Nilai akomodasi untuk per orang dan per hari adalah Rp 175 ribu. Jumlah sebanyak itu kemudian dibagi dua dengan separuhnya ditanggung KONI Jawa Tengah dan separuh lagi lagi ditanggung masing-masing daerah,” kata Gatot didampingi Wakil Ketua KONI Solo Bambang Wijanarko.

Sumber: Suara Merdeka. Selasa, 30 Mei 2017

Stadion Manahan, salah satu venue PORPROV 2018

DA