PECATUR SALATIGA MENANGI LIGA CATUR JATENG

SIDOMUKTI – Pecatur Salatiga Methalia memimpin klesemen sementara dalam Liga Catur Yunior Jateng U-18 2016 putaran pertama di Gedung DPRD Salatiga, Minggu (10/4).

Liga dibuka Ketua Komisi A DPRD Salatiga Dance Ishak Palit iru mempertandingkan kelompok Jateng dan kelompok antar wilayah Semarang.

Methalia yang turun di kelompok Jateng membukukan nilai 5,5 dari enam babak pertandingan yang dijalani.

Adapun dua pecatur Salatiga lainnya Marusca menduduki posisi keempat dan Izza masih masuk dalam jajaran 12 besar.

Di liga ini, Salatiga menurunkan enam pecatur masing – masing tiga pecatur di kelas Jateng dan tiga pecatur lagi turun di kejuaraan antar wilayah.

Posisi 12 besar pada liga Jateng masih bisa bertahan untuk liga seri selanjutnya. Sedangkan posisi 13 hingga 24 harus bertanding lagi dengan posisi 12 besar pada liga antar wilayah.

Selanjutnya sepuluh tim terbaik berhak maju ke divisi tingkat Jateng. Satu pecatur Salatiga masuk enam besar antar wilayah yaitu Eilena.

Pelatih catur Salatiga Agus Salim mengaku belum puas atas hasil yang diraih anak asuhnya. Sebab, prediksi sebelumnya satu pecatur Salatiga yaitu Marusca seharusnya bisa masuk dua besar.

Dengan begitu posisi pertama dan kedua diduduki atlet Salatiga. “Kita kalah di babak akhir sehingga gagal menempatkan posisi juara dan runner up. Ini menjadi evaluasi kami agar kedepan lebih konsentrasi lagi meraih yang terbaik,” katanya.

Menurut Agus Salim, liga ini juga sebagai tolok ukur para atletnya untuk tampil dalam Kejurprov nanti. Pihaknya menargetkan tiga emas dalam kejurprov kelompokumur Jateng nanti.

Ketua Komisi A DPRD Salatiga Dance Ishak Palit mangapresiasi para atlet catur Salatiga ini. Menurutnya, para pecatur yang masih yunior ini diharapkan mampu menjadi atlet andalan Salatiga di masa depan.

“Kami selalu mendorong munculnya atlet berbakat Salatiga di cabang apapun. Jadi program pembinaan KONI jangka panjang yaitu menuju prestasi duniapaling tidak mulai kelihatan di kelompom yunior. Semoga ini juga merupakan gaambaran di kelompok senior nanti,” katanya.

Sumber: Suara Merdeka Senin, 11 April 2016

DA